UJIAN ONLINE PLN

Cara Mengikuti Ujian Online PLN

PLN merupakan salah satu perusahaan milik negara yang sangat dibutuhkan karena memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu tak heran jika PT PLN ( Persero ) membutuhkan banyak pegawai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam melayani masyarakat. PT PLN sendiri memiliki visi yang mana diakui sebagai perusahaan yang berkelas dunia dan bertumbuh kembang, unggul dan juga terpercaya dengan potensi insani. Nantinya peserta rekruitmen yang sudah lolos seleksi penerimaan tentu saja akan dididik untuk bisa menempati posisi yang sesuai dengan kompetensinya yang ada di seluruh unit dan juga wilayah kerja PT PLN tersebut. Namun untuk bisa masuk dan menjadi salah satu pegawai di PT PLN, tentu saja harus lulus ujian PLN terlebih dahulu. Untuk sekarang ini ujian di PT PLN sudah bisa dilakukan secara online. Ujian online PLN sendiri merupakan ujian atau sebuah tes untuk bisa masuk dan diterima sebagai pegawai PLN yang dilakukan secara online. Selain itu untuk ikut ujian tersebut tentu saja dibutuhkan untuk melalui beberapa proses.

Proses Seleksi Dan Rekrutmen Pegawai PLN

Biasanya ujian online plnseleksi yang dilakukan dalam ujian online PLN meliputi general aptitude test, kemudian tes akademis dan juga bahasa inggris, lalu tes psikologi dan juga diskusi kelompok, tes kesehatan dan yang terakhir adalah wawancara. Untuk peserta yang nantinya lolos seleksi, tentu saja akan dipanggil untuk bisa mengikuti diklat prajabatan dan jika memang lulus, maka akan diangkat menjadi pegawai dan ditempatkan di posisi yang sudah dilamar di seluruh unit serta wilayah kerja dari PT PLN. Kemudian proses rekrutmen pegwai PT PLN sendiri menggunakan sistem gugur yang mana meliputi beberapa tahapan seperti berikut ini:

  1. Yang pertama adalah mendaftarkan diri melalui proses registrasi online.
  2. Kemudian yang kedua dilakukan verifikasi dokumen.
  3. Lalu seleksi.
  4. Dan yang terakhir adalah diklat prajabatan.

Proses Ujian Online PLN

Untuk proses ujiannya sendiri sering kali dilakukan secara serentak yang mana diadakan oleh PT PLN dengan menggunakan sewa laptop di AFA Rent. Nantinya para peserta akan memasuki sebuah ruangan yang sudah ditentukan dan dihadapkan dengan laptop yang sudah terkoneksi dengan internet yang sudah tersedia. Biasanya peserta dari ujian online PLN tersebut sudah ditentukan oleh pihak PT PLN. Dan untuk proses serta prosedur lamarannya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan registrasi lamaran terlebih dahulu dengan membuat sebuah account baru dan nantinya link aktivasinya untuk melakukan log in akan dikirimkan oleh sistem ke alamat email pelamar, setelah itu lakukan aktivasi account dengan mengeklik link tersebut.
  2. Jika melakukan kesalahan di dalam melakukan pengisian data nantinya akan membuat pelamar menjadi tidak lolos dalam tahap input data tersebut dan tentu saja menjadi tanggung jawab dari masing – masing.
  3. Setelah itu pelamar dapat mengeklik tombol simpan data yang mana nantinya digunakan untuk menyimpan data pelamar sementara, pelamar juga diperbolehkan untuk mengisi dan merubah data sebanyak 3 kali dengan mengeklik tombol simpan data. Dan jika memang sudah yakin dengan data yang sudah diisi, nantinya pelamar bisa mengeklik tombol daftar karena hanya peserta yang sudah mengeklik tombol daftar saja yang akan diproses. Dan nantinya akan muncul halaman untuk mencetak beberapa kelengkapan dari berkas lamaran tersebut jika memang peserta sudah dinyatakan lolos. Langkah selanjutnya adalah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Dan untuk yang belum lolos tentu saja tidak bisa mengikuti seleksi selanjutnya.

 

 

Comments are closed.